Rabu, 21 Maret 2012

TanaMan ObaT


SOSOR BEBEK
http://indraip.files.wordpress.com/2011/01/index34.jpg?w=274&h=184
Sosor bebek dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Kalanchoe pinnata Pers. Daunnya yang cukup tebal, selain banyak mengandung air, juga menyimpan berbagai bahan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan.
Sebuah situs kesehatan, National Center for Biotechnology Information, menyebutkan bahwa bufadienolides yang terdapat pada sosor bebek bersifat antitumor.
Penelitian yang dilakukan oleh Supratman beserta rekan-rekan dari Divisi Biokimia Terapan Osaka Prefecture University di Sakai, Jepang, menunjukkan bahwa isolasi terhadap lima bufadienolides dari daun sosor bebek mempunyai efek menghambat pengaktifan antigen awal virus Epstein-Barr (EBV-EA) pada sel Raji yang disebabkan oleh tumor.
Selain bufadienolides, sosor bebek yang mempunyai rasa sedikit asam, lunak, dan dingin ini juga mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, alkaloid, flavonoid, quercetin-3-diarabinoside, dan kaempferol-3-glucoside. Kandungan kimia tersebut membuat sosor bebek bisa digunakan untuk berbagai pengobatan.
Sosor bebek selain antitumor juga mempunyai sifat antiradang, menghentikan perdarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat penyembuhan luka. Masyarakat China kerap menggunakan sosor bebek sebagai ramuan untuk mengatasi masalah pencernaan, muntah darah, dan gangguan pada telinga ataupun tenggorokan.
Kemudian, sosor bebek juga digunakan untuk mengatasi trauma luka akibat kecelakaan, memar, ataupun perdarahan. Hal ini terutama dikarenakan sifat daun sosor bebek yang dingin.
Untuk asma
         Masyarakat di Kepulauan Bahama kerap menggunakan daun sejuk, sebutan sosor bebek, untuk mengatasi gangguan asma atau pernapasan. Lalu, teh sosor bebek diminum untuk mengatasi rasa seperti terbakar di bagian dada. Teh tersebut juga sebagai antibakteri bagi luka memar atau luka pada tangan. Sebenarnya, bagian yang sering digunakan sebagai ramuan obat adalah daunnya.
Namun, tak sedikit pula ramuan yang menggunakan seluruh tanaman sosor bebek. Hingga saat ini belum diberitakan akibat dari efek samping penggunaan sosor bebek.
Meski begitu, beberapa literatur menyarankan untuk tidak menggunakan ramuan tersebut pada orang yang mempunyai gangguan terhadap fungsi pencernaan. Adapun pada beberapa orang dengan kulit sensitif, penggunaan ramuan langsung pada kulit dapat berakibat gatal atau menimbulkan lepuhan.
Untuk itu, jika Anda ingin menggunakan sosor bebek sebagai ramuan obat, maka sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli tanaman obat.
Beberapa ramuan praktis sosor bebek dari Ir Winarto, seorang ahli tanaman obat, berikut ini bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi beberapa keluhan.
Untuk penggunaan luar :
1.       Luka
Daun sosor bebek secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.
2.     Perut mulas
        Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk dengan beberapa lembar daun sosor bebek. Beri sedikit air. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada perut.

3.     Menurunkan demam
        Lumatkan daun sosor bebek, lalu balurkan pada dahi. Gunakan dua kali sehari.

4.     Bisul atau memar
        Hancurkan 30-60 gram daun sosor bebek kemudian peras. Tambahkan madu dan diminum. Sisa daun ditempelkan pada bagian yang sakit.

5.     Radang telinga luar
Lumatkan 5-10 daun sosor bebek, peras. Airnya digunakan sebagai obat tetes telinga.

6.     Radang amandel
Lumatkan 5-10 daun sosor bebek. Ambil airnya dan gunakan sebagai obat kumur.











KAMBOJA

Kandungan dan Manfaat : Getah putihnya mengandung damar dan karet, yang mampu mengontraksikan kulit tanpa menimbulkan rasa sakit. Tumbuhan ini juga mengandung fuvoplumierin yang mencegah pertumbuhan bakteri. Bunganya berkhasiat menurunkan panas, menghentikan batuk, meluruhkan air seni. Batangnya melancarkan buang air besar.
Kulit batang kamboja mengandung senyawa plumerid yang bersifat racun dan bisa digunakan untuk menyembuhkan tumit yang pecah-pecah.

Catatan : Jangan sampai getah pohon kamboja masuk ke mulut atau kena mata karena dapat merontokkan gigi dan membutakan mata.
Kegunaan :

1. Bengkak
Sepotong kulit pohon kamboja ditumbuk halus, direbus dengan 6 gelas air sampai mendidih. Hangat-hangat rendam bagian tubuh yang bengkak.

2. Borok
Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat

3. Kutil
Oleskan 1 sendok teh getah pohon kamboja pada kulit beberapa kali selama beberapa hari sampai kutil hilang

5. Mengeluarkan Duri / Beling
Oleskan getah kamboja pada bagian yang sakit, maka benda yang masuk akan keluar.

6. Tumit pecah-pecah
Sepotong kulit kamboja direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Hangat-hangat rendamkan kaki yang sakit.








Sansiviera ( Lidah mertua)
Sansiviera adalah tumbuhan biasa saja.Heran juga mengapa istri bekalsehat menanam begitu banyak Sansiviera di rumah.Penasaran dengan manfaat Sansiviera , segera saja bekalsehat mencari tahu apa manfaat Sansiviera.
Sansiviera atau yang selama ini kita kenal dengan sebutan Lidah mertua atau di Malaysia dikenal dengan sebutan Lidah setan (ihh…syereeemm..!) paling tidak mempunyai 600-an jenis.Dari yang berdaun panjang seperti pedang sampai yang berdaun gemuk. Sansiviera yang masih keluarga dengan tanaman kaktus ini sebagai tanaman hias kadang-kadang kurang begitu disukai karena karakternya yang kaku,keras.Namun kalau kita amati dengan teliti ternyata Sansiviera mempunyai tekstur yang sancta cantik dan menarik.Pada daunnya yang pada umumnya berwarna hijau atau tua biasanya terdapat berbagai corak, ada yang bintik-bintik dengan warna yang lebih muda atau garis kuning pada pingir daun. Namun dibalik kekakuannya itu terdapat manfaat yang besar bagi kita. Sansiviera ternyata mampu menyerap polutan, menyegarkan udara dalam ruangan.Menurut penelitian Sansiviera satu-satunya tanaman yang bisa mengeluarkan oksigen 24 jam non stop.Hebat kan !? Satu sampai dua pot tanaman Sansiviera mampu membersihkan udara dalam ruangan seluas kira-kira 75 m2.Apabila sobat sedang mengecat ruangan letakkan saja Sansiviera, maka dengan cepat bau cat akan segera hilang.
Hebatnya lagi Sansiviera adalah tanaman yang tidak manja, ia tidak membutuhkan campur tangan manusia secara tlaten. Sansiviera juga tahan tidak minum selama 1 Minggu, dan sangat tahan hidup di dalam ruangan.Cara merawatnya cukup membersihkan permukaan daun Sansiviera dengan kain basah atau disiram dengan air secukupnya saja.Mudah kan?Media yang cocok bagi Sansiviera agalah tanah yang gembur dan kompos sebagai pupuknya. Sansiviera juga mudah sekali beranak pinak.Biasanya pada samping induk tanaman Sansiviera akan muncul anakan .Selanjutnya anakan ini kita pisah dan kita tanam pada pot lain. Nah selain manfaat di atas Sansiviera juga bisa kita manfaatkan untuk obat lho.. Untuk Obat batuk dan obat luka karena gigitan ular Untuk obat batuk dipakai 2 sendok teh serbuk kering dari akar Sanseveiria trifasciata, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, dinginkan lalu sekaligus. , Kandungan kimia : Daun dan rimpang Sansevieria trifasciata mengandung saponin dan kardenolin, di samping itu daunnya juga mengandung polifenol. dan daunnya untuk obat luka akibat digigit ular. Kandungan kimia Daun dan rimpang Sansevieria trifasciata mengandung saponin dan kardenolin, di samping itu daunnya juga mengandung polifenol.





JAHE

Manfaat dan kegunaan jahe :
1) Rematik
Siapkan 1 atau 2 buah rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.

2) Luka karena Lecet, Ditikam Benda Tajam, Terkena duri, Jatuh, Gigitan Ular.
Rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam, Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

3) Syaraf Muka yang Sakit
Dahan terdiri dari campuran kentang, tepung terigu, dan jahe.
Caranya, kentang diparut, tambahkan tepung terigu dan bubuk jahe. Tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian muka yang sakit. Lakukan hingga penyakit sembuh.

4) Khasiat lain
Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak juga mampu berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.



















JAMBU BIJI

Manfaat dan kegunaan tanaman jambu biji :
1)       Diare
Daun jambu biji segar seberat 30 g, ditambah segenggam tepung beras dan air 1 - 2 gelas direbus. Cairan ini diminum 2 kali sehari. Dapat juga 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.

2) Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 l air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.

3) Luka Berdarah atau Borok di sekitar Tulang
Lumatkan daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.

4) Kencing Manis
Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong. Kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.

5) Ambeien
Ambillah beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya, ditambah sebuah pisang batu. Kedua bahan dicuci bersih. Pisang batu tak perlu dikupas. Tumbuk keduanya. Air perasannya ditampung lalu diminum. Lakukan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.

6) Kembung pada Anak-Anak
Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Rebus dengan 2 cangkir air bersama ½ jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.








JERUK NIPIS

Manfaat dan kegunaan tanaman jeruk nipis :
1)       Demam
Petiklah 2 - 4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2 - 4 gelas air. Gunakan air rebusan ini untuk mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membasuh kain pada air rebusan dan diperas, lalu ditempelkan pada dahi penderita.

2) Batuk Kronis
Peraslah sebuah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis sebentar di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah suam-suam kuku. Belah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik pula untuk menyembuhkan flu.

3) Flu Ringan
Minum air jeruk nipis yang hangat.

4) Penyakit Kurang Darah
Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 g, telur ayam 2 butir, jeruk nipis ½ buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 g. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya. Air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari.

5) Menghentikan Kebiasaan Merokok
Isaplah sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam segar membuat Anda terangsang untuk minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi keinginan untuk merokok juga membantu membersihkan nikotin yang sudah terdapat pada gigi dan mulut.

6) Bau Ketiak yang tidak Sedap
Siapkan jeruk nipis yang dicampur ke dalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh, juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.





LIDAH BUAYA


Manfaat dan kegunaan tanaman lidah buaya :
1)       Penyubur Rambut
Ambillah daun lidah buaya segar secukupnya dan dibelah. Ambil daging daun yang seperti agar-agar dan digosokkan ke kulit kepala. Selanjutnya rambut dibungkus dengan kain dan biarkan beberapa saat agar meresap ke kulit kepala sebelum dicuci.
2)       Mengobati Rambut yang mudah Rontok
Siapkan daun lidah buaya 40 g, daun mangkokan 20 g, daun waru muda 20 g, dan minyak kemiri 50 ml. Tumbuk semua daun tersebut hingga halus. Hasil tumbukan dicampur dengan minyak kemiri. Ramuan ini ditempelkan ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa waktu ( lebih lama lebih baik ) sebelum dicuci.

3) Luka bakar atau tersiram Air Panas yang Ringan
        Tempelkan daging daun ke bagian tubuh yang sakit.

4) Bisul
        Daging daun lidah buaya ditambah garam dan ditempelkan pada bisul

5) Kencing Darah
        Petik 15 g daun lidah buaya segar. Peras dan ambil airnya. Tambahkan 30 g gula dan sedikit air beras sebelum diminum.

6) Wasir
        Siapkan ½ daun lidah buaya. Buang durinya lalu dicuci bersih. Parut daun tersebut dan tambahkan ½ cangkir air matang dan 2 sendok makan madu. Aduk rata campuran tersebut, lalu disaring. Dengan minum ramuan ini sehari 3 kali diharapkan wasir segera sembuh.

7) Siphylis
        Potonglah bunga lidah buaya. Rebus dengan daging dan sedikit air. Air rebusan lalu diminum.












Rambutan

Manfaat dan kegunaan tanaman rambutan :
1)     Disentri
Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, lalu dippotong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
2)    Demam
Kulit rambutan yang telah dikeringkan (15 gr) dicuci. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
3)    Perawatan rambutan                                   
Daun rambutan secukupnya dicuci , lalu ditumbuk sampai halus. Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur. Lalu, diperas dan didisaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
4)    Kencing Manis
Biji rambutan (5 biji) digoreng sangran (sangria), lalu digiling sampai menjadi serbuk. Kemudian, diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.
5)    Sariawan
Kulit kayu rambutan (3 ruas jari) dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Kemudian dipakai untuk berkumur selagi hangat.







Mangga
Manfaat dan kegunaan tanaman mangga :
1). Radang kulit
150 gram kulit buah mangga dimasak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi hangat, air rebusan ini dipakai untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi eksim.
2). Influenza
200 gram daging buah mangga ditambah 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Bahan-bahan ini direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.
3). Mabuk perjalanan
mangga yang sebelumnya dikeringkan lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, tambahkan madu secukupnya dan 10 cc air jeruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar